5 Tempat Makan di solo dengan Menu berbahan dasar Mie





Siapa yang tidak tahu dengan Mie, makanan ini telah menjadi salah satu Makanan Favorit warga Dunia. Berbahan dasar Tepung( Terigu, Jagung, Beras) , dengan Bentuk yang unik dan rasa yang “Universal” membuat mie diterima di berbagai Budaya di Dunia. Orang Timur tengah, Orang Jepang, orang Eropa, Hingga Orang kulit hitam di Afrika memiliki Olahan Mie nya masing – masing. Begitu juga dengan Kota Solo. Kota yang berada di Jawa tengah dengan peradaban Jawa yang kental ini memiliki berbagai Olahan Mie dari Modern Hingga Traditional.
Bakmi Toprak Solo


Meskipun nama makanan khas solo ini mirip dengan ketoprak jakarta, tetapi menunya sangat berbeda. Tidak seperti ketoprak Jakarta memakai sambel kacang, toprak solo berkuah bening. Toprak Solo terdiri dari mi kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur dan sosis. Kemudian disiram dengan kuah kaldu dan irisan tetelan daging sapi serta taburan bawang goreng dan seledri. Sebagai pelengkap bisa ditambah karak (kerupuk nasi). Bakmi toprak ini bisa dijumpai di Warung Mie Thoprak Yu Nani, Kartopuran yang buka pukul 11.00 WIB.

Baca Juga : Tempat Makan di solo dengan menu Barat (Western)

Bakmi Bu Citro


warung Bakmie Godog Bu Citro.   1 porsi bakmi godog, 1 porsi nasi goreng, dan 3 gelas teh manis hangat adalah yang akan anda temui di Bakmi Godog Bu Citro.   Mie basah, digodok bersama sayuran kol, sawi, dan telor bebek, plus beberapa suwir ayam.  Rasanya segar, dengan aroma kaldu ayam yang kuat.  Tidak ada sedikitpun bau anyir dari telor bebek.  Enak dimakan selagi panas, dengan tambahan irisan cabe rawit.  Menurut Penulis, rasanya Istimewa.

Nasi gorengnya yang menurut penulis memiliki rasa yang biasa.  Manisnya kecap terlalu dominan, menurutku. Oiya, kecap yang dipakai ini diukur sebanyak 3 sendok makan, untuk setiap porsinya.  Mungkin ada racikan dan bumbu rahasia yang disertakan dalam mangkok berisi kecap.  Si penuangnya, tak lain dan tak bukan adalah cucu Bu Citro sang pendiri warung.
Bakmi Pak Dul Solo

Salah satu warung makan favorit orang nomor satu di republik ini adalah Warung Bakmi Pak H. Dul Kampung Baru, Jalan Ronggowarsito 55, Perempatan Kampung Baru Solo.
Warung bakmi yang berusia lebih dari 40 tahun itu memang menjadi buruan warga Solo maupun warga yang berasal dari luar daerah.
Warung bakmi ini juga menjadi makanan kesukaan mantan penguasa Orde Baru, Presiden Soeharto. Bahkan saat pemilik aslinya masih hidup, yakni Pak Dul, Pak Harto sering mengundangnya ke istana untuk mengobati kerinduannya terhadap makanan Jawa. Termasuk memasak dalam porsi besar untuk event kenegaraan 17 Agustus atau saat ada tamu negara.
Warung bakmi sederhana ini letaknya di pinggir jalan, beralaskan seng dan hanya ditutupi kain berwarna kuning. Kursinya pun dari kayu biasa.
Namun jangan heran kenikamatan masakan bakmi ini membuat Jokowi selalu kangen untuk menikmatinya.

Mie Anglo Solo


Beberapa kuliner dari Kota Solo sudah cukup dikenal wisatawan, seperti tengkleng, timlo solo, srabi serta gudeg ceker. Tapi ada juga ada masakan  yang menjadi buruan penggemar kuliner Solo, yaitu bakmi godhok Jawa. Masakan ini berbahan mi pipih. Yang membedakannya dari masakan berbahan mi lainnya, bakmi godhok Jawa dimasak mempergunakan angloberbahan bakar arang.
Salah satu tempat yang menyajikan masakan bakmi godhok Jawa adalah Restoran Mie Anglo di Jl A Yani No 300 Kartasura, Sukoharjo. Rasanya pas, tidak terlalu asin atau manis namun gurih. rasanya enak dan enak, segar,” Mi rebus yang disajikan di restoran Mie Anglo Jawa milik Rochmat Purwanto dan istrinya Tuti Setyowati memang selintas seperti mi rebus pada umumnya.
Mi pipih atau gepeng disajikan  nyemek dengan kuah berisi suwiran daging ayam. Sayurannya menggunakan kubis bukan sawi, kendati banyak pengunjung yang menanyakan kenapa tidak pakai sawi. Mi yang disajikan rasanya gurih karena mengurangi penggunaan micin.

Baca Juga : Panduan memilih tempat makan di solo yang nyaman
Pengunjung bisa memesan tambahan untuk pelengkap mi yang dipesan, seperti uritan atau telur yang belum jadi dan rempela ati. Untuk menambah kesegaran mi rebus bisa disantap dengan acar dan cabe rawit yang masih utuh. Ternyata selain pada racikan bumbu dan pembuatan kuahnya, juga cara memasaknya yang menggunakan anglo atau tungku dari tanah liat.
Ada layanan ekstra bagi pengunjung yaitu pengunjung bisa memilih sendiri racikan masakannya hingga ke pemberian diskon sampai 50 persen. “Diskon 50 persen diberikan kepada pengunjung yang menjadi follower@mieanglo. Akun tersebut memang Twitter milik restoran Mie Anglo,”
Spagetti Bolognase Jackstar Resto & Cafe


Apa jenis saus pasta favorit Anda? Pesto, bolognese, atau carbonara?Salah satu jenis saus pasta favorit adalah saus bolognese. Saus dengan nama panggilan ragu ini dibuat dari saus tomat yang berpadu dengan daging cincang dan rempah-rempah.

Baca Juga : Restoran di solo dengan menu Mie di solo

Sesuai dengan namanya, bolognese berasal dari Bologna, Italia. Di Bologna, saus ini disebut ragu alla bolognese atau terkenal dengan nama ragu. Konon, saus bolognese ini pertama kali dibuat pada akhir abad ke 18. Rasa saus ini dominasi manis asam dari tomat yang berpadu dengan daging sapi yang gurih.

Resep saus bolognese pertama kali dipublikasikan oleh Pellegrino Artusi. Tercatat jika saus bolognese dibuat dari daging sapi muda yang dicincang halus, kemudian dicampur dengan pancetta atau Italian bacon,bawang bombay dan wortel. Ada juga yang menambahkan jamur kering atau hati ayam.

Saus bolognese biasanya dipadukan dengan jenis pasta panjang seperti spaghetti, tagliatelle, ataupunlasagna. Untuk membuatnya, bahan-bahan yang diperlukan antara lain daging cincang halus, bawang bombay, wortel, paprika hijau, bawang putih, dan pasta tomat.

Tumis bawang bombay, wortel dan paprika hijau hingga agak layu. Kemudian masukkan bawang putih, garam dan lada, dan tuang pasta tomat ke dalamnya. Masukkan daging cincang, dan tunggu hingga sausnya mengental dan tercampur rata.

Jika ingin mendapatkan Info lebih tentang menu ini, silahkan kunjungi Website Jackstar.

Baca Juga : 20 Tempat Makan di solo yang Enak dan Populer

Biasanya juga ditambahkan wine dan bacon, namun ada juga yang membuatnya tanpa kedua bahan ini. Dalam penyajiannya, ditambahkan keju parmesan parmigiano yang membuat rasanya gurih dan makin spesial. Karena lezatnya, saus khas Italia ini dikenal hingga ke seluruh dunia.
Spaggetti dengan Saus Bolognase ini dapat anda temui di Tempat Makan di Solo yang bernama Jackstar. Restoran ini berada di jalan Jl. Slamet Riyadi No. 371 Solo Center Point, Purwosari – Solo. Sangat Strategis sekali dan mudah ditemui. Setiap pelancong yang tanya “Maaf jalan slamet riyadi solo mana ya ?? pasti semua orang langsung tahu. Nah sekarang pembahasannya adalah Jackstar Cafe, Jackstar Cafe & Resto.



Comments

Popular Posts