HITUNG KALORI SAAT WISATA KULINER DI SOLO


Solo adalah kota dengan berjuta pesona, Wisatawan yang datang ke solo umumnya ingin merasakan Wisata solo yang kental dengan Budaya Jawa dan nuansa sederhana. Berkunjung ke keraton Surakarta, Ke pasar Klewer dengan naik Andong,  dan wisata kuliner di pinggir jalan atau berdesak – desakan di sebuah warung makan legendaris.

Tidak sedikit wisatawan yang tidak memperdulikan kesehatan mereka saat berplesir mencicipi aneka makanan solo. Ada perlunya menghitung jumlah kalori dari makanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lucu jika niat berwisata ingin bersenang – senang, justru menjadi mala petaka karena sakit yang tiba – tiba menyerang seperti sakit :
  • ·         Stroke
  • ·         Jantung
  • ·         Obesitas
  • ·         Kerusakan Jaringan Otak
  • ·         Oestoporosis

Makanan solo sangat beraneka ragam, dan umumnya terdiri dari olahan daging yang menggunakan Arang atau digoreng.
Seperti Timlo solo beserta beragam sate (sate telur puyuh, sate usus, sate jeroan ayam, sate kentang, sate lemak sapi, sate babat dan sebagainya) berjejer di meja.

Kemudian ada Sego Liwet yang berisi kuah santan, Krupuk krecek dari kulit Sapi, Telur bacem, Sambal kentang berminyak, Ayam goreng dan sebagainya.

Ada Sate Buntel, yang berisi daging kambing, dan masih dibalut Lemak Kambing beserta makanan lain seperti tengkleng, tongseng, gulai.
Kebayang bukan jika tidak di kontrol ???

3 hari saja berada di solo untuk wisata kuliner, bisa – bisa menjadi sesuatu yang bermasalah untuk kesehatan kedepan.
Normal Kalori yang manusia butuhkan setiap hari adalah 2200 - 2800 Kkal untuk Pria dan 1800 – 2000 Kkal untuk Wanita.

Tentu kalori yang dibutuhkan setiap manusia berbeda – beda, tergantung dari
  • ·         Jenis kelamin
  • ·         Usia
  • ·         Aktifitas Fisik sehari - hari

Berikut hitungan kalori Kuliner di solo yang perlu anda ketahui.

  • Sate Telur Puyuh Bacem



Satu Telur Puyuh memiliki 14 Kalori, BIASANYA sate telur puyuh itu terdiri dari 5 Buah telur puyuh yang di bacem, jadi kalori minimum dari telur puyuh adalah
14X5 = 70 Kalori.

Biasanya akan dimakan dengan Timlo yang ada komposisi ayam, nasi, telur dan dimakan dengan pelengkap lain seperti tahu bakso, tempe mendoan dan sebagainya. Berapa Kalori sekali makan ya ??? hehe

  • Sate Kambing Bumbu Kecap



Sate kambing bumbu Kecap dalam satu Porsi memiliki 327 Kalori. Biasanya  akan dimakan dengan lontong atau Nasi. Nasi memiliki 125 Kalori, biasanya diminum dengan Es dengan Gula. Entah es teh, es jeruk, jus jeruk atau apapun pasti menggunakan gula. Yaitu rata rata 90 Kalori, jadi total kalori dari semuanya adalah 327+125+90 = 542 Kalori sekali makan.
  • Sego Liwet



Sego liwet adalah makanan khas solo yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan rempah yang gurih, kemudian dengan sayur labuh atau Pepaya Muda (Bersantan) dan suwir ayam serta Telur Bacem. Berapa kalorinya. ?

Nasi berkalori 125 Kalori dengan Santan 2 Centong Kuah sebanyak 240 Kalori dengan telur Ayam 1 butir sebanyak 83 Kalori, beserta Es teh 90 Kalori dan Suwiran ayam dengan Kulitnya sebanyak 40 Kalori. Jadi total nya adalah 125+240+83+90+40 Kalori = 578 Kalori.

Nah kesimpulannya sekali kita makan kuliner di solo, rata rata mengkonsumsi 500 Hingga 600 Kalori.

Hal itu dalam kondisi minimum, kita tidak tahu berapa banyak sate pelengkap dan gorengan yang kita makan saat berada di warung timlo solo. Apakah kita nambah Es teh atau tidak ? bungkus Tempe gorengnya atau tidak ??

Kita tidak tahu apakah saat makan sate kambing bumbu kecap kita tidak tambah nasi ?? atau tambah Es teh jadi 2 Porsi ?? atau memesan Tongseng tengkleng atau gulai saat makan sate ??

Ingat bahwa makanan adalah salah satu Nafsu yang diberikan tuhan untuk kita. Nafsu = tak terkontrol. Jadi tugas kita adalah mengontrol Nafsu makan karena Kita diberikan Akal untuk melakukan itu semua.


Semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular Posts