Tren Makanan Jalanan “naik Kelas” hingga Asian Comfort Food

Di luar negeri, chef seperti David Chang, Danny Bowien, and Eddie Huang sudah memulai mempopulerkan jajanan Asia sejak lama. Di Indonesia, kita membuat asian fusion sebagai Zona yang baru—tidak asing tentunya melihat begitu banyak masakan korea atau jepang  yang di “Convert” ke cita rasa lokal.
Restoran-restoran di Indonesia senang mencampurkan cita rasa Asia dalam santapan comfort food, kata Chris Kerrigan, dari GOODS Cafe.
"Karena kita di Asia," kata Chris."Eksperimentasi sering terjadi dalam penggunaan bahan makanan lokal dan menyajikannya dengan cara yang beda dari metode tradisional, daripada hanya mencampurkan-nya ala fusion."
Kimchidashi, dan telur asin kini mudah ditemukan dalam menu di restoran-restoran di Kota – kota besar dengan Jakarta sebagai Jantungnya.
Sumber : salamkorea.com
Tidak usah jauh – jauh, di Kota solo Ada Kimchi restaurant yang menyajikan olahan korea yang begitu memanjakan lidah. ( Maaf kelupaan, lidah orang indonesia maksudnya. )
Betul, dengan memodifikasi makanan ala korea dengan menghilangkan ke otentik an dari makanan korea agar lebih diterima oleh lidah orang Indonesia, Kimchi restaurant berhasil menjadi salah satu pioner Korean Food di kota Solo yang tidak menguras isi dompet dan anda tetap bisa merasakan nuansa korean food.
 berbeda dengan Kimchi Restaurant, yang dilakukan Daegu Korean Grill, Restaurant korea yang kami anggap berani mempertahankan otentik dari rasa korean food. Hampir semua Bahan baku di import langsung dari korea, Bahkan suasana di Daegu Korean Grill dipoles sedemikian rupa agar terasa di Korea. Hal ini menarik karena berdampak pada mahalnya harga setiap Menunya.


Sumber : salamkorea.com

Dengan demikian, Kegilaan akan makanan Asian Fusion menjadi alasan bergesernya makanan berat dari pasta ke Nasi Putih, sebuah pergeseran yang diharapkan memunculkan ketertarikan atas ratusan citarasa nusantara termasuk Cita rasa khas Solo.
Salah satu restaurant di Solo yaitu Jackstar Restaurant & Cafe yang dikenal dengan Menu Westernnya pun melihat fenomena ini, tanpa menghilangkan Brand Image sebagai Restaurant Modern, Jackstar Restaurant & Cafe berinovasi dengan menghadirkan berbagai varian menu dengan bahan nasi.


Sumber : Jackstar.co.id
Hal ini tentu berbeda dengan menu Jackstar pada tahun -  tahun sebelumnya yang di dominasi Pasta, Pizza dan Burger. Tak kurang dari 20 Menu baru dengan nasi sebagai bahan utama di Launching di pertengahan tahun 2017. Solopos pun tertarik untuk meliput hal yang di anggap “Menarik” tersebut.



 Yang terbaru, Terpoteque Chicken dengan Keju Melting di atasnya menjadi varian yang kemungkinan mencuri perhatian di akhir tahun 2017 ini, bahkan untuk menjadikan terpoteque Chicken sebagai andalan, Gofood pun menjadi partner Jackstar untuk memanjakan pecinta Kuliner yang “doyan” order online. Kami mencoba mencicipi Terpoteque Chicken dan 5 menu lain, dan Jika di nilai, Kami memberi nilai 8 untuk 4 Makanan termasuk terpotuque Chicken, Yang menarik adalah harganya yang tidak sampai 20 Ribu rupiah saja.



Berikutnya yang tak kalah menarik adalah makanan jalanan yang naik level, Jajanan jalanan adalah camilan tidak bergizi tapi digilai. Secara perlahan, jajanan pinggir jalan mulai disuguhkan di restoran-restoran mentereng. Tak usah kaget jika kini ada martabak yang kini diolah semakin aneh-aneh, ada Indomie gourmet dan tahu bulat eksklusif. 


Sumber : Google.com
Oh jangan lupa, tak perlu syok kalau ada varian makanan jalanan yang harganya selangit. Ingat Indomie rebus yang ada di salah satu Restaurant Kece di Solo ? Indomie yang ditambahi parutan keju, bawang putih, telur, kornet, terus harga jualnya setara sepuluh bungkus Indomie. Iya sih, kreatif. "Tapi harganya sudah keterlaluan," Kata salah satu Food Blogger.

Kesimpulanya, Makanan itu adalah seni, chef, koki atau juru masak membuatnya tidak mudah, dan itu untuk di makan. Hanya dengan memakannya, anda bisa memberi penilaian dan applause ke pembuat masakan tersebut. Bukannya malah di Foto – foto hingga akhirnya sebuah makanan jadi “anyep” untuk di santap. Silahkan foto tapi jangan kebablasan. Karena makanan dibuat untuk di makan.






Comments

Popular Posts