9 Fakta Kece tentang Kopi yang harus kamu tahu


Jangan Ngaku Pecinta Kopi, Kalau Belum Tahu 10 Fakta Unik Ini!

Apa kamu salah satu pecinta kopi?


Berarti kamu harus tahu tentang fakta kece tentang Kopi, Kopi ternyata bukan sekedar Minuman yang kamu minum, habis dan berlalu begitu saja.

ada makna dibalik sebuah Kopi. Makna yang sangat sarat akan sejarah panjang kenapa kopi begitu berharga.

kopi berharga ?? ya... kopi memang berharga, Menurut kamu kenapa bangsa eropa menjajah indonesia ?? karena perdagangan rempah nya (Kopi).

berikut fakta Kece tentang Kopi.

Baca Juga : 3 Makanan Enak tapi Sehat yang Mudah di Jumpai di Solo

Arab ternyata adalah bangsa yang berjasa menyebar kopi hingga ke penjuru dunia

Dulu, kopi hanya ada di Ethiopia. Di sana, biji-bijian kopi asli ditanam di dataran tinggi. Kopi belum dikenal oleh bangsa-bangsa lain. Setelah Arab, yang terkenal sebagai bangsa yang kuat di lini perdagangan, menjamah Ethiopia, biji kopi pun mulai di pasarkan secara luas di negara-negara lain. Kopi akhirnya jadi minuman populer di semua benua.

Daerah Sidikalang Sumatra Utara adalah lokasi pertama ditanamnya biji kopi di indonesia

Pada masa Kolonial Belanda, biji kopi arabika dari Yaman didatangkan untuk ditanam di Indonesia. Sidikalang, Dairi, Sumatra Utara adalah salah satu daerah yang menjadi tempat pertama kali ditanamnya kopi di Indonesia, selain di Jakarta, Bogor dan Mandailing. Itulah kenapa kopi Sidikalang jadi populer. Umurnya kopinya memang sudah ratusan tahun. Karena itu, Sidikalang turut masuk dalam catatan sajarah penting perkembangan kopi di Tanah Air.


Baca Juga : 5 Penyakit yang dapat dicegah dengan Kacang Merah

Kopi termahal ternyata Kopi Luwak dari Indonesia

Pernah dengar kopi luwak? Kopi itu asalnya dari kotoran luwak yang gemar makan biji kopi. Dalam catatan kopi dunia, kopi luwak di Indonesia diketahui jadi kopi dengan harga jual paling mahal. Harganya bisa sampai 2 juta rupiah per 500 gram. Pantas saja bule rela datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi kopi luwak yang rasanya autentik.

Kedai Kopi tertua ada di Jalan Hayam Wuruk Jakarta

Satu dari sekian kedai kopi yang tercatat paling tua di Indonesia ternyata sudah melewati lima generasi penerus. Namanya kedai kopi Liaw Tek Soen, yang sekarang sudah berubah nama menjadi Koffie Warung Tinggi. Kedai ini punya cabang di mal premium di Ibu Kota yakni di Grand Indonesia. Awalnya, kedai yang buka pada 1878 tersebut berlokasi di Jalan Hayam Wuruk.

Baca Juga : 3 Langkah Praktis Cari Tempat makan di solo yang Instagenic

Gula Merusak Cita rasa Kopi, sekalipun sesendok Teh !

Penikmat kopi sejati tak akan minum kopi dengan gula. Sebab, bila ditambah gula, citarasa asli kopi akan tersamar. Lagian, minum kopi dengan gula juga berefek buruk bagi tubuh karena akan mempengaruhi metabolisme. Sesekali gak apa-apa, tapi jangan sering-sering.

Cita rasa Kopi akan optimal jika di diamkan 4 menit setelah diseduh

Diamkan kopi sekurang-kurangnya empat menit, jangan diaduk, dan biarkan ampasnya mengendap. Setelah itu, nikmati pelan-pelan. Keautentikan kopinya akan terasa lebih nikmat.

Minum Kopi jam 8 - 9 Pagi bikin tubuh kecanduan


Ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Steven Miller, mengemukakan, minum kafein, termasuk kopi, sebaiknya dilakukan setelah pukul 09.00 pagi. Mengapa?
Karena, menurut penelitian, hormon kortisol yang ada dalam tubuh sewaktu pagi akan meningkat, terutama pada pukul 08.00-09.00 pagi. Bila tubuh mengonsumsi kafein saat hormon kortisol tinggi, hal itu hanya akan membuat tubuh kecanduan. Kalau tidak mengkonsumsi kopi sehari saja, pikiran pun rasanya stres.

Kopi ternyata bermanfaat untuk Diet


Pernah dengar kalau kopi ternyata turut berperan untuk meluruhkan lemak dalam tubuh? Nah, ternyata, kopi baik dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet. Namun catatannya, tak boleh diberi tambahan gula dan tak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
Lalu, kenapa sih kopi bisa menurunkan berat badan? Kopi itu mengandung kafein dan kafein yang terkandung di dalamnya membantu tubuh meningkatkan proses metabolisme. Alhasil, kalori yang dibakar setelah tubuh mengkonsumsi kopi akan lebih banyak.
Nah, nomor berapa saja yang belum kamu tahu sebelumnya?

Comments

Popular Posts