TIPS MEMBUAT ACARA ULTAH ANAK YANG MENDIDIK



Pesta Ulang Tahun atau Birthday Party adalah salah satu hal yang paling ditunggu – tunggu oleh anak – anak. Yang membuat mereka menunggu Pesta Ulang tahun dirayakan untuk mereka karena mereka berharap akan diperlakukan Spesial di Hari Kelahirannya tersebut.
Apakah Pesta Ulang tahun untuk anak itu Wajib ?
Tentu saja Tidak, Tapi yang digaris bawahi disini adalah “Perlakuan Spesial” dari orang tua.
Nah orang tua biasanya menjadikan Pesta Ulang Tahun sebagai “Momentum” ungkapan kasih sayang mereka.
Terkadang orang tua menjadi Bingung, bagaimana cara mempersiapkan Pesta Ulang Tahun yang di idamkan oleh anaknya.
Ada beberapa Hal yang harus diperhatikan dari Pesta Ulang Tahun anak yang tidak terkesan Negatif dari segi perkembangan anak dan Berkesan Untuk Anak.
1.    Berkomunikasi Dengan Anak



Kita Tidak Tahu Keinginan anak kita, Apa yang ingin di lakukannya dan tidak ingin dilakukannya.
Sebagai orang tua, kita harus mencari tahu apa yang di inginkan anak dengan cara berkomunikasi secara berkala.

Keinginan dan Harapannya tentang Ulang Tahun yang disampakian 8 bulan yang lalu, bisa jadi telah berubah. Ia tidak lagi menginginkan yang 8 Bulan lalu ia inginkan tersebut. Maka teruslah berkomunikasi.

Berkomunikasi mengenai apa yang anak kita inginkan juga berfungsi untuk mencari informasi tak terduga. Siapa tau anak kita memiliki karakter dan pola pikir yang tidak baik. Hal ini tentu tidak membuat anak menjadi Kreatif dan Positif dalam berfikir dan bertindak.

Sebagai Contoh. Setelah lama kita tidak berkomunikasi dengan anak kita tentang anak kita. Kita ingin menanyakan Mengenai Buku yang ia inginkan, ternyata setelah sekian lama, keinginannya tentang buku telah beralih, ke gadget. Dari sini kita menggali informasi mengenai motivasi anak bermain gadget. Ternyata teman – teman se geng nya di sekolahan sedang tren bermain Game perang – perangan.

Itu sebabnya sebagai orang tua, penting untuk berkomunikasi dengan anak secara berkala.

2.    Undang Teman – Teman Yang disukainya.


Teman yang disukai berarti teman yang selalu membuatnya Tersenyum, Merasa nyaman dan tidak Ketakutan. Di Era Sekarang, Banyak Sekali Kasus – Kasus Bullying. Anak – Anak di Intimidasi oleh temannya sendiri, di hina, di ejek, di perlakukan tidak menyenangkan.

Hal ini dianggap krisis Oleh Pakar Perkembangan anak. Bullying dianggap bisa membuat mental menjadi sangat terbelakang.

Kita tentu Sudah banyak menerima informasi dari Portal Berita (Internet, televisi, Koran) yang mengekspose seorang anak tewas Bunuh diri karena Bullying oleh teman sekolahnya. Karena dampaknya yang luar biasa hebat itu, bullying telah ditetapkan sebagai tindak kriminal di Sebagian Negara Eropa.

Inilah mengapa perlu selektif memilih dan mengundang Teman di acara Ulang Tahun anak. Jangan sampai Anak menjadi Tidak Bahagia dan Kehilangan Rasa Kreatif (Bermain, bersosial, bernyanyi dll) karena melihat teman yang setiap hari, 6 Hari dalam seminggu, selalu membully dirinya Hadir dalam acara ulang Tahunnya.

Dari contoh diatas, kita sudah tahu siapa yang tidak boleh diundang bukan ?

Jadi kita harus cari tahu alasan anak tidak menyukai terlebih dahulu. Terkadang anak anak memang “nyleneh” dalam bersikap, itu wajar. Namanya juga “anak anak”.

Contoh :
Tidak suka temannya karena Sepatu temanya selalu baru
Tidak suka temannya karena temannya suka tidur di kelas.
ini contoh yang tentu tidak mendasar untuk kita orang dewasa. Dan kita patut mendidik anak anak kita.


3.    Menentukan Tempat dan Tema Ulang Tahun


Tempat dan Tema Ulang Tahun untuk anak memang Harus diperhatikan. Hal ini Sangat penting untuk kegembiraan anak. Kreatifitas anak akan Muncul jika anak itu Gembira, nyaman.

Dalam Menentukan Tempat, Kita harus mencari Tempat yang
1.    Bebas Lingkungan Dewasa.
2.    Hommy
3.    Full Fasility
Kemudian dalam menentukan tema, kita harus memperhatikan
1.    Tema yang tidak Membuat anak – anak Meniru hal – hal yang tidak seharusnya ditiru.
2.    Tema Harus Berwarna Warni.
Semua Faktor ini, mempengaruhi Kreatifitas dan Gembira serta kenyamanan dari anak-anak.
Anak – anak harus dirangsang dengan Warna. Balon, Property yang memiliki Warna yang cerah, yang akan menstimulasi Kerja Otak dari anak. Kemudian Jangan membiarkan anak terpengaruh tema yang tidak pantas. Contoh nya adalah tema Tentang Salah satu Game “Sadis” Counter Straight yang ditiru oleh anak anak.

Pilih Lingkungan atau tempat party yang tidak terdapat muda mudi Berpacaran, Eksekutif muda berdebat tentang Bisnis dan sebagainya.

Pilihlah Tempat yang Hommy, Terkadang Anak sering Kangen dengan Rumahnya. Inginnya pergi dari rumah. Pastikan tempat yang disewa memiliki pelayanan yang memadai.

Demikian , semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts